Kurikulum

Matakuliah Umum dirancang untuk memperlengkapi mahasiswa mengembangkan perspektif Kristen tentang kehidupan, dunia kerja, untuk menjalankan panggilan hidupnya, dan memahami apa artinya menjadi warga negara yang bertanggung jawab sebagai bagian dari komunitas lokal dan global.

Melalui seluruh proses pembelajaran matakuliah umum diharapkan mahasiswa dapat berhasil menjalankan panggilan hidupnya, dan memiliki kapasitas pribadi yang:

  • Beriman dan berintegritas.
  • Memiliki karakter Kristiani yang bercirikan kasih setia, bertanggung jawab, dan takut akan Tuhan.
  • Memiliki Christian Worldview dengan wawasan global dan kebangsaan serta profesional di bidangnya.
  • Memiliki jiwa servant-leader yang siap mengabdi pada sesama, bangsa dan negara Indonesia dengan mengakui kedaulatan Tuhan.
  • Memiliki kepedulian sosial, lingkungan dan beretika moral.
  • Memiliki sikap / kepribadian yang kreatif, proaktif dan mandiri.

Ketentuan:

  1. Total SKS yang harus diambil oleh mahasiswa adalah 14 SKS.
  2. Tidak ada prasyarat untuk seluruh mata kuliah umum, KECUALI Etika Profesi, dan Christian Worldview
  3. Prasyarat menempuh Etika Profesi:
    • Lulus 70 SKS
    • Lulus Etika, dan Filsafat Agama
  4. Nilai kelulusan mata kuliah Etika, Etika Profesi, Filsafat Agama, Pancasila, dan Bahasa Indonesia adalah C. Nilai kelulusan mata kuliah lainnya adalah D.

 

Skema kurikulum tidak tersedia

Mata Kuliah

Mata kuliah dasar
  • Mata kuliah dasar
DU 4146
Apresiasi Musik Gereja (2 SKS)
Matakuliah yang memberikan pengenalan tentang musik gerejawi dengan materi: Church Music Philosophy, Sejarah Musik Gerejawi, Worship in the Church, Music Ministry in the Church, dll.
none
C
DU 4122
Bahasa Indonesia (2 SKS)
Perkuliahan ini diadakan untuk memberikan wawasan dan pemahaman yang benar mengenai penggunaan tata bahasa, yang dalam hal ini adalah Bahasa Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa dalam hal menulis dan melakukan presentasi yang bersifat formal. Mahasiswa dekat dengan kegiatan menulis sejak awal perkuliahannya. Yang dimaksud dalam hal ini adalah mahasiswa mampu menuangkan ide pemikirannya dalam bentuk tulisan, mulai dari tugas makalah sederhana hingga Skripsi. Oleh karena itu perlu ada pembekalan agar mahasiswa bisa menulis dengan baik. Di samping menulis, mahasiswa juga dituntut untuk mampu melakukan presentasi dengan baik, yaitu bagaimana mahasiswa bisa menyampaikan (speech) secara lugas apa yang telah ia tulis. Dengan demikian, secara sederhana, matakuliah Bahasa Indonesia ini membantu mahasiswa untuk dapat menulis dan menyampaikan apa yang ditulis dengan baik dan benar.
-
C
DU4184
Ekologi Energi (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
DU 4171
English for Academic Purpose (2 SKS)
This course aims to enable students attending subject matter courses in English and to improve their English skills and knowledge while providing them with essential study skills needed in their academic life. Course Objectives: ♦ Students are able to get the main idea when reading academic articles in English. ♦ Students are able to write an academic essay in English. ♦ Students are able to do an academic essay presentation in English. ♦ Students are able to summarize an academic article in English.
-
C
DU 4176
English for Occupational Purpose (2 SKS)
Tidak ada detail informasi yang dapat ditampilkan
DU 4167
Filsafat Agama (2 SKS)
Mata kuliah Filsafat agama merupakan bidang studi yang melatih mahasiswa untuk dapat mengembangkan pemikiran kritis reflektif di dalam melihat isu-isu kepercayaan/agama dalam rangka mengembangkan relasi dan dialog untuk membangun kerukunan umat beragama. 1. Mengevaluasi konsep pemikiran dikotomi antara iman dan ilmu 2. Memahami konsep dasar ateisme modern dan ateisme baru 3. Mengevaluasi pandangan ateisme modern dan ateisme baru 4. Memahami konsep dasar teisme 5. Memahami sejarah dan doktrin inti dari agama besar di Indonesia 6. Mengevaluasi secara kritis dan reflektif agama besar di Indonesia 7. Mengevaluasi pandangan pluralisme agama 8. Memahami dasar atau fondasi dari sebuah keyakinan yang benar 9. Mengevaluasi isu-isu keberagaman beragama di Indonesia dalam upaya mencapai kerukunan antar umat beragama
none
C
DU 4161
Etika (2 SKS)
Mata kuliah Etika merupakan sebuah subjek pelajaran dimana mahasiswa diajar untuk memiliki pengertian yang benar tentang prinsip, makna, dan tujuan hidupnya sehingga dapat menghayati perjalanan hidupnya sebagai insan yang dipanggil untuk hidup sesuai rencana Tuhan sang Pencipta: 1. Memahami dan menyadari pentingnya memiliki hidup yang bertujuan dan bermakna 2. Memiliki komitmen untuk menggumuli panggilan dan tujuan hidup sesuai rencana Tuhan 3. Memahami Pernikahan dan membangun keluarga dalam perspektif etika pernikahan Kristen 4. Memiliki wawasan etika hidup dalam memaknani hidup dan mengambil keputusan etis
none
C
DU4163
Etika Profesi (2 SKS)
Mata kuliah Etika Profesi merupakan pelajaran yang menolong dan melatih mahasiswa untuk mampu mengevaluasi dan memberikan solusi perbaikan yang konstruktif dari berbagai macam permasalahan dilematis dalam isu etika dunia kerja berdasarkan wawasan dunia Kristen
telah lulus 70 sks, telah lulus MK Etika dan MK Filsafat Agama
C